Jumat, 17 September 2010

Akhirnya Datang Juga


Alhamdulillah, akhirnya tanda berhasilnya imunisasi BCGnya dafi keluar juga. Yup akhirnya tanda menyerupai bisul atau jerawat itu akhirnya muncul setelah sempet was2. dari pas dua minggu-sebulan-6 minggu kemudian, selalu ditunggu, takut aja kalo BCG nya Dafi gagal, berarti kemungkinan untuk ngulang lagi besar. pas 2 minggu belm muncul sempet tanya ke suster di tempat biasa dafi imunisasi, katanya sih beda2, ada yg 2 minggu bahkan sebulan.

Banyak yg bilang dan sempet browsing juga, kalo tandanya suntikan BCG nya berhasil ya keluar bekas suntikannya itu. Seperti bisul kecil dan bernanah di daerah bekas suntikan. Dokter bilang tidak menimbulkan nyeri dan tidak juga diiringi panas. Bisul itu akan sembuh sendiri dan meninggalkan luka parut.Tapi dari yg aku baca juga jika si bisul itu tak muncul, jangan cemas. bukan berarti vaksinnya gagal, bisa saja dikarenakan cara penyuntikan yang salah, mengingat cara penyuntikan perlu kehlian khusus karena vaksin harus masuk ke dalam kulit. Katanya juga, meskipun bisul tak muncul, antibodi tetap terbentuk, hanya saja dalam kadar rendah. Imunisasi BCG pun tak perlu diulang, karena di daerah endemis TB, infeksi alamiah akan selalu ada. Dengan kata lain, anak akan mendapat vaksinasi alamiah.

yang terjadi sama dafi? Alhamdulillah muncul bekasnya. setidaknya itu buat bunda tenang ya nak hehe...


0 komentar on "Akhirnya Datang Juga"

Posting Komentar

 

Tentang Dafi Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipiet | Thanks to Blogger Templates Blog | All Image Presented by Tadpole's Notez | Distributed by Deluxe Templates